Jenis MicroSD yang Sudah Support untuk Raspberry Pi

Jenis MicroSD yang Sudah Support untuk Raspberry Pi

Jenis MicroSD pada dasarnya mempunyai empat standar SD dan sama seperti pada kartu SD. Sementara itu kartu MicroSD sendiri merupakan versi ukuran kecil dari kartu SD dan memiliki perbedaan.

Sedangkan Raspberry Pi merupakan komputer papan tunggal dengan ukuran seperti kartu kredit yang memiliki banyak manfaat. Seperti untuk menjalankan program kantoran, permainan di laptop atau komputer dan masih banyak lagi lainnya.

Awalnya, Raspberry ini dikembangkan oleh sebuah yayasan nirlaba yang bernama Pi Foundation. Salah satu tujuannya adalah guna belajar tentang pemrograman.

Jenis MicroSD untuk Raspberry Pi yang Cocok

Seperti tadi, Raspberry Pi merupakan PC mini yang memiliki desain simpel dan sangat minimalis seukuran kartu kredit. Meskipun sangat kecil, namun kenyataannya bisa untuk membuat banyak project hanya dengan device saja.

Selain itu dalam device ini lengkap dengan menggunakan prosesor ARMV7 dan RAM sebesar 512 MB dan cukup baik untuk mini PC tersebut. Dengan menggunakan Base Debian sebagai sistem operasinya, maka Raspberry ini juga telah memiliki beberapa model terbaru. Model tersebut adalah Raspberry Pi A, A+, B, B+ dan 2.

Instalasi Raspbian Sekaran Raspberry OS

Jenis Micro SD terkadang sangat berguna dalam memperluaskan sistem penyimpanan perangkat smartphone maupun jenis perangkat yang lainnya. Untuk bisa membangun sebuah komputer Raspberry Pi maka memerlukan penyimpanan berupa SD Card sebagai sistem operasinya.

Bagi yang membeli memori kosong maupun kartu yang sudah ada , maka harus mengisinya dahulu dengan image. Pasalnya ada banyak macam pilihan sistem operasi yang bisa untuk raspberry Pi tersebut.

Jika kebutuhan yang spesifik misalnya seperti multimedia, maka dapat menggunakan RaspBMC. Sementara itu jika untuk kebutuhan yang umum komputasi, maka dapat memilih Raspbian saja.

MicroSDHC dan MicroSDXC

Untuk jenis MicroSD seperti MicroSDHC maka kapasitasnya adalah lebih dari 2GB bahkan sampai 32GB sekalipun. Sementara itu untuk MicroSDXC akan memiliki kapasitas yang lebih dari 32GB bahkan sampai 2TB

Jika sebuah perangkat yang kompatibel menggunakan MicroSDXC maka akan berfungsi bersamaan dengan Micro SD dan MicroSDXC. Sebab perangkat dengan menggunakan MicroSD hanya bisa berguna menggunakan kartu MicroSD.

Jenis MicroSD pada perangkat yang kompatibel akan memiliki fungsi menggunakan kartu MicroSDHC maupun MicroSD saja. Karena perangkat yang keras dan mendukung standar baru lebih kompatibel menggunakan kartu MicroSD standar.

Berperan Sangat Penting

MicroSD Card tidak hanya sebagai aksesoris saja, melainkan sebuah barang yang wajib Anda beli jika memiliki Raspberry Pi. Karena ini berfungsi untuk bootable OS-nya layaknya hardisk pada komputer seperti umumnya itu.

Raspberry Pi yang menggunakan jenis MicroSD guna penyimpanan data sebaiknya gunakan kartu yang mempunyai kecepatan tinggi. Serta sebaiknya yang memiliki kapasitas sebesar 8GB atau lebih. Misalnya saja seperti MicroSD Sandisk Original yang cocok untuk Raspberry Pi.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *